ASK AND IT SHALL BE GIVEN YOU

By: Deivine Signor

 

 

Suatu cara alternatif menuju kebahagiaan atas hidup tersembur dalam sebuah buku kecil berjudul The Secret karya Rhonda Byrne [Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Juli 2007] dan beberapa buku lain yang seakan mendukung pemaparan dengan cara yang cerdas seperti dalam buku The Attractor Factor karya Joe Vitale [Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, Januari 2007],

Mestakung  karya Prof. Yohanes Surya Ph.D [Penerbit Hikmah Zaman Baru, Februari 2007], dan buku terbaru Quantum Ikhlas. Buku The Secret ini telah melahirkan sebuah kesenduan baru di antara beberapa pemikir yang berbeda daratan pola pikir. Mereka adalah beberapa orang rohaniwan yang menyitir satu hal yang cukup mengayunkan dasar pemahaman mereka akan kuasa Allah.

 

Hukum Tarik Menarik

The Secret dan beberapa buku yang saya sebutkan di atas seakan membangkitkan kembali satu hukum abadi yang menjadi dasar ilmu pengetahuan hingga saat ini dengan wajah dan ruang yang baru. Hukum gravitasi Isaac Newton seakan menjadi bendera yang dikibarkan dalam buku ini. Segala sesuatu memiliki daya tarik-menarik sehingga segala sesuatu menjadi begitu seimbang. Dan tatkala daya tarik ini lebih besar pada satu pihak, maka segala hal akan tertarik tanpa paksaan ke arahnya. Hanya ada satu kata kunci yang sangat jelas terbaca dalam buku ini bahwa anda mampu menarik apapun dalam hidup anda, jika anda mengetahui rahasia terdalam yang membuatnya tertarik menuju anda.

Rahasia itu adalah sebuah keinginan positif yang kuat dalam diri anda yang akan terlempar ke semesta dan semesta akan melakukannya buat anda. Inilah yang disebut dengan hukum tarik menarik. Keinginan yang positif itu mengisyaratkan bahwa jika anda menginginkan sesuatu terjadi secara positif maka hal itu akan terjadi. Namun, jika anda menginginkan sesuatu tidak terjadi tetapi menggunakan pola yang negatif maka yang negatif itulah yang akan terjadi. Misalnya, saya tidak ingin gagal dalam usaha. Hukum tarik menarik itu mengatakan bahwa jika anda terus-menerus mengulang hal ini, maka semesta akan berkonfigurasi sedemikian rupa sehingga membawa kegagalan dalam usaha anda. Kenapa? Karena semesta hanya mengenal kata “ingin” dan bukan “tidak ingin”.

Selaras dengan hukum tarik menarik yang menjadi sosok selebriti baru saat ini dalam dunia kesuksesan, saya teringat akan satu hal lain yang seiring dengan pemahaman ini yaitu Brain Intelligence yang dengan kata lain disebut Brain Barrier. Otak tidak pernah mengenal kata negatif. Otak hanya menyimpan hal-hal positif dan terperinci. Contohnya, jika saya meminta anda untuk tutup mata dan saya menyuruh anda untuk tidak memikirkan sepotong donat dengan rasa strowberry. Saya meminta anda untuk tidak memperhatikan donat dalam bentuk lingkaran itu yang di tengahnya bolong. Saya meminta anda untuk tidak, sama sekali tidak untuk melihat strowberry yang ada di sana yang membuat anda dan saya ngiler. Apa yang terjadi? Saya percaya anda akan membayangkan setiap bagian yang saya larang itu bahkan mungkin anda sekarang pengen makan donat dengan rasa strowberry.

Semesta keinginan di luar [universe] diri kita masing-masing sungguh ada korelasi langsung dengan otak dan cara anda menggunakan otak anda dalam pola berpikir anda setiap saat. Maka, tidak mustahil apa yang anda inginkan dalam hidup anda dengan berpikir positif akan mendekatkan keinginan tersebut pada diri anda. Inilah yang disebut dengan “The Universal’s Intelligence”.

 

Universal’s Intelligence

Kecerdasan semesta mencakup semua semesta kecerdasan. Semesta akan melakukan hal-hal yang luar biasa tatkala kita mampu menyatukan diri dengan kekuatan kecerdasan semesta, tanpa kita sadari. Sebuah contoh yang sangat sederhana bagaimana semesta melakukan sesuatu yang sungguh menakjubkan dalam hidup beberapa orang. Jika anda pernah mempunyai pengalaman atau anda mendengar kisah tentang orang-orang yang ingin mengetahui suatu informasi, ingin bertemu dengan kenalan lama, dan dengan cara yang tidak pernah terpikirkan, dalam situasi yang sepertinya “sambil lewat”, anda mendengar hal yang ingin anda ketahui dari pembicaraan orang lain, media atau entah apapun, bertemu kenalan lama lewat info orang lain, itu adalah kecerdasan semesta yang mengarah pada diri anda.

Kecerdasan semesta bukan hanya beberapa jenis kecerdasan yang telah ditelaah akhir-akhir ini. Kecerdasan semesta adalah totalitas hidup manusia dan hubungan abadinya dengan keseluruhan kehidupan di luar dirinya. Kecerdasan semesta ini membual dalam kecerdasan setiap orang tetapi belum sungguh sempurna. Maka, relasi yang sungguh menyatu [embracing relation] dengan semesta akan memposisikan diri anda dalam jalur kesuksesan. Caranya sangat simpel. Semesta hanya mengenal hal yang positif maka munculkan dalam diri anda hal-hal yang positif dan semesta akan menyambut anda dengan hangat.

Situasi atau fenomena kritis yang dilontarkan oleh Yohanes Surya hanyalah nama lain dari saat semesta beraksi dan melakukan yang terbaik sesuai dengan yang anda inginkan. Kecerdasan semesta tidak akan pernah membawa anda pada kesesatan tujuan hidup dan kehilangan gairah untuk meraih kebahagiaan hidup yang melimpah.

 

Sebuah Debut yang Mengarahkan  

            Jika kita melihat dengan sungguh baik, satu aktor utama dalam penjelasan The Secret isThe Positive. Segala sesuatu adalah positif. Namun, ada sebuah pertanyaan mendasar yang pada akhirnya seakan menggelisahkan kaum rahib dan rohaniwan, kemanakah faktor Ilahi dalam buku The Secret? Seakan-akan Allah itu tersingkir dan manusia bisa melakukan apa saja dengan segala keinginan dan semesta hidupnya. Hal ini bisa dimengerti mengingat posisi rentan mereka akan iman dan Allah yang mereka wartakan setiap saat.  So let us see where the God is.

            Kecerdasan semesta adalah sebuah kecerdasan yang memiliki sumber pertama. Sumber paling pertama ini menggumpal sedemikian rupa dalam semesta dan akhirnya merasuk masuk dalam setiap getaran hidup manusia. Dalam kitab kejadian jelas tertulis ada sesuatu yang melayang di atas permukaan air, ini adalah roh Allah yang pada akhirnya tatkala semesta tercipta serta merta ia merasuk masuk dalam hidup semesta. Bukankah roh yang melayang di atas permukaan air itu adalah The Positive, atau entah apapun namanya, yang mampu memberi kehidupan dalam semesta?

            Mungkin tidak ada korelasi langsung bahwa The Positive itu bisa merujuk pada kekuatan Ilahi. Tetapi setidak-tidaknya Allah adalah sumber dari kecerdasan semesta, jika memang itu dipercaya dengan iman dengan satu cara yang sungguh. Ini spirit yang terkandung dan begitu menyatu dalam buku The Secret. Sebab bagaimana seseorang bisa mengarahakan hidupnya pada hal-hal yang positif jika nilai yang terkandung lebih dalam hidupnya tidaklah positif? Satu dasar yang sungguh baik adalah tidak ada satupun tujuan yang baik [positif] menghalalkan satu cara yang tidak baik [negatif].

 

ASK AND IT SHALL BE GIVEN YOU

            The Positive yang terkandung dalam semesta akan bersambung rasa dengan sekian banyak hal positif dalam kehidupan kita. Mereka akan saling tarik menarik dan menghantar sesuatu yang anda harapkan terjadi dalam hidup anda. The Positive itu secara sederhana menggagas satu hal yang sangat menentukan yaitu ASK AND IT SHALL BE GIVEN YOU. Mintalah sesuatu dengan daya positif maka segalanya akan diberikan kepadamu. Sebab anda tidak akan pernah diberi dengan melimpah jika anda meminta dengan cara yang tidak sesuai dengan hukum semesta.

            Mintalah maka akan diberikan kepadamu. Sebuah kalimat yang telah dibaca sekian banyak orang dan hanya segelintir yang melakukannya. Kenapa? Karena mereka tidak mengetahui bagaimana melakukannya. Pemaparan sederhana dari buku The Secret adalah cara yang sangat manusiawi untuk meraih kebahagiaan. Dalam kehidupan ini ada dua faktor yang sangat besar yaitu faktor Ilahi dan faktor manusiawi. Kedua faktor ini mempunyai kekuatannya sendiri. Allah berkarya melalui caranya sendiri dan hendaknya manusia jangan menunggu Allah untuk melakukan hal-hal yang bisa dilakukannya sendiri.The Secret  adalah sebuah kebangkitan baru bahwa manusia mampu melakukan hal-hal yang diimpikannya dengan mengarahkan diri pada kekuatan yang lebih besar di luar dirinya, yaitu Allah dalam semesta. The Secret adalah sebuah rahasia hidup yang membangkitkan kegairahan setiap orang untuk menjalani hidup dan mengatasi setiap kemelut yang ada. Kegairahan dalam harapan yang terlahir dari hidup yang berlimpahkan hal yang baik.

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: